Jumat, 08 Februari 2013

Tips Sukses Ngerem Nafsu Makan


Susah mengendalikan nafsu makan? Kalau kamu rajin ngemil, suka dengan porsi besar atau bermasalah dengan berat badan, hati-hati aja! Apalagi nggak suka olahraga, wah. . .kudu punya rem yang pakem. Mau tahu caranya? 



  1. Isi piringmu dengan porsi kecil. Kalau kurang, baru nambah. Akan lebih baik lagi kalau kamu pake piring berukuran kecil. Diisi sedikit saja sudah kelihatan penuh kan?
  2. Kunyahlah makanan secara perlahan-lahan jangan terburu-buru. Berilah jeda antar suapan. Caranya, telan secara sempurna, tungg 5 detik, barulah menyuap lagi. Kalau ini terlalu sulit, coba beri setengah menit setiap 5 kali menyuap.
  3. Otak memerlukan waktu untuk menerima syarat kenyang. Tunggulah barang 5 menit sebelum memutuskan untuk nambah lagi. Mudah-mudahan kamu jadi keburu malas karena kelamaan nunggu, dan nggak jadi nambah!
  4. Makanlah di tempat khusus, yaitu di ruang makan. Ini berlaku untuk makan apa saja,baik makanan berat atau pun snack. Hindari makan di depan TV, sambil membaca, atau sambil berbaring di tempat tidur. Hal ini berguna untuk mengurangi rangsangan untuk makan di setiap tempat.
  5. Jangan belanja dalam keadaan lapar. Selain menghindari keinginan untuk jajan, yang jelas bisa lebih irit.
  6. Jangan meletakkan makanan di tempat yang mudah terlihat. Pilihlah toples sanck ynag tidak transparan. Aturlah lemari es atau pun lemari makanan agar begitu dibuka tidak langsung terlihat makanan yang menggoda.
  7. Hayati aktivasi makan dengan penuh kesyukuran. Nikmati dan perhatikan aroma, warna, tekstur, dan rasa makanan. Ini akan membaut makanan terasa lebih memuaskan dan membantumu untuk makan lebih sedikit.
Nah, Sobat. Karena perut kita bukan keranjang sampah dan Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan, yuk kita coba mulai sekarang!

Sumber: Annida ‘UNIQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar