Sabtu, 22 Juni 2013

8 Cara Ketahui Harga Properti yang Dibeli


Ada 8 cara untuk mengetahui harga properti yang mau dibeli. Sehingga dapat memudahkan kita dalam menawarnya. Ini merupakan beberapa cara umum yang bisa dikombinasikan dengan kondisi di tiap daerah. Beberapa cara mungkin hanya tepat digunakn di daerah tertentu saja, dan tidak berlaku buat daerah yang lain:
Survei melalui website atau internet.
Cara ini cara paling cepatdan cukup murah. Namun ketersediaannya tergantung dari negara, kota, pemerintah atau sumber informasi online yang ada buat daerah tersebut. Silahkan ketik saa di google, yahoo, atau MSN dengan kata kunci, seperti “Rumah Murah”, “Harga Jual Rumah” dan sejenisnya. Untuk mengetahui harga transaksi yang terjadi belakangan, maka sumber yang terbaik masih tetap agen properti atau lembaga pemerintah yang memberikan informasi tentang harga transaksi properti.
Survei dengan Independent Appraiser.
Cara ini biasanya dilakukan bila ingin menjual properti tersebut.si penjual biasanya akan melakukan penawaran berdasarkan hasil appraisal/valuation yang dilakukan oleh appraiser. Meski harga ini ditentukan oleh appraiser berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, namun pada umumnya, harga ini adalah harga yang bisa dterima oleh pihak pembeli maupun penjual sebagai patokan harga. Biasanya tergantung penjual apakah akan menjual di bawah harga valuation atau mau menjual di atasnya.
 
Mencari info dari Agen Properti
Bertemanlah dengan Agen Properti, karena mereka adalah sahabat anda dalam berinvestasi property. Agen Properti merupakan salah satu tempat untuk mengetahui harga transaksi yang terjadi di daerah tertentu, dan harga transaksi yang biasa diperoleh adalah harga transaksi terakhir atau up to date.
Melihat catatan transaksi dari pemerintah setempat.
Biasanya pemerintah setempat mempunyai catatan transaksi properti yang terjadi di daerahnya, sebagai laporan. Oleh karena itu bisa mencari informasi dimana atau bagian mana pemerintaqh setempat yang mencatat transaksi yang terjadi di daerah tersebut. Pemerintah setempat atau instansi terkait meliputi: Kantor Kecamatan, Balai Lelang, Kantor Notaris, BPN dan bank.
Tanya tetangga sekitar
Cara ini mungkin lebih tepat kalau kita pas melakukan survey lapangan unutk melihat property yang akan dijual dan kebetulan di situ ada orang yang bisa ditanyai mengenai harga property di daerah tersebut. Kalau dalam satu kompleks biasanya ada beberapa rumah yang dijual, bisa juga membandingkan dengan harga property yang dijual bersamaan ini.
Iklan Koran lokal
Mungkin sampai dengan hari ini Koran lokal masih snagat efektif untuk mencari properti-properti yang dijual dengan harga murah. Anda angan salah beli, pastikan koran lokal yang anda beli karena targetnya lebih terfokus untuk wilayah sekitar anda.
Iklan yang sengaja anda pasang
Anda bisa mengiklankan diri sebagai investor dengan dana tidak terbatas, sehingga jika ada ornag yang ingin menjual properti akan tertarik menjual kepada anda.
Kartu nama
Kartu nama juga merupakan cara yang efektif. Bisa anda coba, karena orang akan menjadi lebih percaya dengan anda karena dianggap serius untuk menekuni bidang properti.

Sumber: Malang Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar