Rabu, 17 April 2013

Ramping dan Hemat

Diet tidak mudah dilakukan. Kadang-kadang, kunci dari dari seluruh tujuan ini adalah fokus pada motivasi. Jika telah berencana menurunkan berat badan dan menyimpan uang, coba cara hemat untuk mewujudkannya. 
  • Buatlah daftar belanja dari rencana menu yang akan dimasak. Pisahkan daftar belanja berdasar kelompok, seperti produk sembako dan bumbu atau sayuran segar. Sembako biasanya lebih sering digunakan, maka belilah dalam jumlah besar sekaligus. Itu juga berarti menghemat transport karena tidak perlu bolak-balik berbelanja. 
  • Tulis daftar menu makan selama satu minggu penuh berupa sarapan, makan siang, dan malam lengkap  dengan camilan. Buat makanan yang rendah lemak dan karbohidrat, termasuk buah segar atau jus buah. Hitung kalori tiap bahan makanan dan jumlahkan selama sehari. Jaga asupan kalori di bawah 1.600 kkal. Dengan cara ini, apa saja dan berapa banyak yang masuk tubuh dapat dideteksi. 
  • Belanja semua bahan makanan berdasar kebutuhan daftar rencana menu makan selama seminggu saja. Usahakan hanya melakukan satu kali aktivitas belanja. Kunjungan lebih sering memicu keinginan untuk membeli barang yang tidak diperlukan. 
  • Cari informasi lokasi senam di sekitar lingkungan  tempat tinggal. Jika tempatnya berdekatan dengan rumah, ambil manfaat dengan berjalan kaki atau naik sepeda kayuh di sepanjang jalan menuju lokasi senam. 
  • Buat daftar kegiatan untuk membersihkan gudang, atau menyortir barang bekas. Dengan demikian kalori pun ikut terbakar dan membentuk massa otot melalui aktivitas mengangkat barang sekaligus rumah lebih bersih dan rapi. 
  • Jalan kaki atau naik sepeda saat diburu waktu, misalnya, hendak mengembalikan buku perpustakaan atau mepet waktu masuk kelas. Memilih bersepeda dan mengesampingkan mobil bisa menyimpan pengeluaran dana untuk bahan bakar dan memaksa orang berolahraga.
Sumber: Harian ‘SURYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar